Jangan Salah Memilih Sumber Modal Usaha, Tips Mendapatkan Modal Usaha dengan Sistem Bagi Hasil

Modal memang salah satu faktor penting dalam menjalankan usaha, apapun usaha atau bisnisnya tidak akan terlepas dari modal. Banyak diantara kita yang sedang memikirkan atau mau menjalankan suatu usaha namun mengurungkan niatnya karena tidak mempunyai modal yang memadai atau bahkan tidak mempunyai modal sama sekali. Bagi anda yang pernah mengalami hal demikian, jangan pernah putus asa atau bahkan mengurungkan niatnya untuk memulai. Percaya atau tidak, jika kita bertekad untuk melakukan atau menjalankan suatu bisnis, pasti Tuhan akan memberikan jalan. Walaupun memang tidak segampang seperti yang dikira, pengalaman kami, Tuhan selalu memberikan jalan dengan cara yang tidak terduga.

Seperti yang sudah saya bahas pada artikel Peluang Usaha Jualan Baju dan Produk Fashion, kami memulai usaha ini dengan modal yang tidak besar, hanya 3 Juta rupiah, itupun hasil pinjaman dari Bank. Setelah usaha ini berjalan, kami sempat mengalami "kebanjiran orderan" hingga modal usaha kami tidak mencukupi untuk memenuhi orderan tersebut. Hal tersebut tentu saja akan berakibat buruk pada kelangsungan usaha apabila tidak dapat memenuhi permintaan konsumen. Selain resiko kehilangan keuntungan, juga resiko kehilangan kepercayaan dari konsumen.

Untuk mengatasi kekurangan modal tersebut, salaha satu tips mendapatkan modal usaha adalah meminjam modal kepada teman dekat. Pada prakteknya, mungkin anda akan bertanya, "siapa atau teman yang mana yang bisa meminjamkan uang kepada saya?". Memang tidak gampang untuk membuat orang percaya sehingga dia mau meminjamkan uangnya, tapi kalau kita menyampaikan niat dengan benar, maka terbukti, saya sampai saat ini mempunyai 5 orang "pemegang saham" yang diantaranya adalah Ibu dan 4 orang teman.

Yang dimaksud dengan menyampaikan niat dengan baik adalah, pastikan kita mempersiapkan data yang bersangkutan dengan usaha yang kita jalankan ketika bermaksud untuk meminjam uang sebagai modal usaha kepada teman atau siapapun. Data yang harus dipersiapkan diantaranya adalah:
  • Profile Usaha (Bisa disampaikan dengan lisan)
  • Data orderan yang belum terpenuhi, buatlah list orderan yang belum terpenuhi tersebut di Microsoft Excel misalnya.
  • Jumlah uang yang hendak dipinjam beserta sistem bagi hasilnya. Sebagai konsekuensi kita meminjam uang kepada orang lain untuk dipakai usaha tertentu, maka timbul yang disebut bagi hasil. Untuk itu, hitunglah keuntungan yang akan didapatkan, kemudian bagi prosentasenya untuk yang punya modal berapa dan untuk kita berapa. Biasanya sistem bagi hasil tersebut tidaklah lebih dari 50% dari keuntungan, syukur-syukur si pemberi modal sepakat untuk menerima bagi hasil kurang dari 50% dari keuntungan.
  • Jangan lupa siapkan surat perjanjian modal usaha, surat perjanjian sangatlah penting bagi kedua belah pihak. Bagi si peminjam setidaknya dia akan mendapatkan jaminan secara hukum sehubungan dengan sejumlah uang yang dipinjamkannya. Bagi kita juga demikian, ada jaminan hukum sehubungan dengan niat kita untuk meminjam uang sebagai modal usaha.
Dengan kelengkapan data tersebut diatas, akan membantu mempermudah mendapatkan modal usaha, setidaknya itu yang kami alami. Pada suatu ketika, kami membutuhkan dana yang cukup besar, sekitar 5 Juta rupiah... cukup besar memang, apalagi disaat-saat ekonomi susah seperti ini. Setelah mencoba meminjam modal kepada teman dekat tidak berhasil, ada salah satu teman yang menunjukan atau mereferensikan tetangganya sebagai penyandang dana. Disinilah kelengkapan data tersebut diatas akan terasa manfaatnya. Setelah kami mempresentasikan maksud kami kepada beliau dengan data tersebut, Alhamdulillah, tidak sulit untuk mendapatkan kepercayaan.

Ketika kita mendapatkan modal usaha dari pinjaman, maka jangan lupa untuk memberikan atau membagi hasil keuntungan kepada pemberi pinjaman atau modal. Tapi ingat, niatkan pemberian tersebut sebagai bagi hasil bukan bunga agar aman secara hukum Islam. Kelebihannya adalah "berbagi", kita diabantu atas kesulitan modal dan dengan senanghati kita membagi hasil usaha dari modal yang terpakai.

Hal lain yang harus diperhatikan saat meminjam modal adalah surat perjanjian. Selalu-lah berhati-hati dalam hal yang bersangkutan dengan masalah pinjam meminjam. Paling tidak konsultasilah kepada teman yang mengerti masalah hukum sebelum membuat perjanjian pinjaman modal. Dengan demikian, isi surat perjanjian tersebut tidak akan merugikan salah satu pihak ketika suatu saat terjadi perselisihan.

Sistem Bagi Hasil yang Kami Tawarkan
Seperti yang sudah saya jelaskan, setiap mendapatkan modal usaha dari hasil pinjaman, akan selalu timbul pembagian hasil. Setelah melalui beberpa perhitungan yang logis dari data orderan, kami mempunyai 2 sistem bagi hasil sebagai berikut:
  • Long Time System, saya terapkan sistem ini kepada teman dekat dengan memberikan 10% dari modal yang dipakai setiap bulannya. Misalkan teman kita memberikan modal usaha 2 Juta rupiah, berarti saya berkewajiban untuk memberikan 2 Ratus Ribu Rupiah sebagai bagi hasil. Hal yang harus diperhatikan pada sistem ini adalah, jangan sampai modal yang dipakai tersebut lebih dari 2 Juta, karena memang 10% merupakan nilai yang besar untuk diberikan setiap bulannya.
  • Short Time System, untuk modal yang berjumlah cukup besar, kisaran 3 juta keatas, sebaiknya jangan menggunakan Long Time System, dimana kita menggunakan uang tersebut dalam waktu yang lama. Pastikan uang modal dikembalikan dalam jangka waktu kurang dari satu tahun dengan sistem bagi hasil yang sudah disepakati bersama.
Hal yang harus diperhatikan dalam sistem bagi hasil dari modal usaha adalah, pastikan anda memperhitungkan keuntungan dengan benar, sehingga nilai bagi hasil tidak merugikan salah satu pihak.
Isa Maulana

Isa Maulana

eBisnis, eCommerce Konsultan. Saat ini sedang menekuni projek Reseller Dropship Lokal dan Internasional berbasis Product Review dan Online Shop.
Anda Punya Modal tapi Bingung mau Buka Usaha Apa..? Saya Carikan Peluang Usaha Dropship, Membuatkan Toko Online, Mengajarkan Cara Mengelolanya dan Memasarkannya. Mulailah Bisnis Dropship Anda Sekarang!
Penasaran bagaimana caranya bisnis anda dapat muncul di Lokal Listing mesin pencari?
Jangan ragu untuk mengirimkan email untuk sekedar bertanya ataupun konsultasi e-business dan e-commerce.

Silahkan Berkomentar:

4 komentar:

  1. Btw makasih sharingnya, ohya mantab banget templatenya :)

    salam kenal

    ReplyDelete
  2. wah banyak membantu untuk yang akan dan baru memulai bisnis fashion lewat katalog. terima kasih

    ReplyDelete
  3. Excellen,, thanks sudah membagi tips dan cara berjualan online, ini sangat bermanfaat bagi kami yang akan memulai usaha baru dalam berjualan and salam Laba dari kaula pembisnis muda ^_^

    ReplyDelete
  4. saya tertarik untuk jadi member MLM Capriasi dan MLM IFA kalau untuk wilayah Denpasar- Bali. Dimana ada kantornya..?

    ReplyDelete